Teknik Memerah Asi Menggunakan Metode Marmet

Categories:

Saya sering membaca di  milis-milis bahwa ada sebagian ibu-ibu yang lebih optimal dalam artian menghasilkan banyak asi dengan memerah menggunakan tangan. Saya juga sering menyarankan kepada pembeli yang mengalami musibah melelehnya spare part breastpump karena kelupaan direbus, untuk sementara memerah menggunakan tangan selama menunggu barang datang. Kebanyakan dari mereka mengatakan "susah mba..lama, karena jam perah saya minim banget, ga enak ninggalin kerjaan lama-lama". Entah karena pengin praktis atau karena teknik yang digunakan salah... Untuk bahan bacaan saja semoga membantu untuk tidak terlau bergantung pada breastpump, dan membenarkan apabila teknik yang dilakukan salah, karena saya mendapat info dari salah satu pembeli setelah mengetahui teknik ini, mengatakan bahwa teknik yang diajarkan suster di rumah sakit berbeda.

Sebelum memulai memerah persiapan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

* Cuci bersih kedua tangan ibu dengan benar dan menggunakan sabun.
* Usahakan relaks dan pilihlah tempat atau ruangan untuk memerah ASI yang tenang dan nyaman.
* Kompres payudara dengan air hangat. Gunakan handuk kecil, waslap, atau kain lembut lainnya.

Setelah siap mulai lah dengan tahapan seperti berikut:

A. Massage
* Pergunakan 2 jari, yaitu telunjuk dan jari tengah. Tangan kanan mengurut payudara kiri dan tangan kiri mengurut payudara kanan.
* Bila payudara besar, gunakan keempat jari.
* Dengan tekanan ringan, lakukan gerakan melingkar dari dasar payudara dengan gerakan spiral ke arah puting susu.

B. Stroke
* Dengan menggunakan jari-jari tangan, tekan-tekanlah payudara secara lembut. Dari dasar payudara ke arah puting susu dengan garis lurus, kemudian dilanjutkan secara bertahap ke seluruh bagian payudara.
* Dengan menggunakan sisir yang bergigi lebar, “sisirlah” payudara secara lembut, dari dasar payudara ke arah puting susu.
* Dengan ujung jari, lakukan stroke dari dasar payudara ke arah puting susu.

C. Shake
Dengan posisi tubuh condong ke depan, kocok/goyangkan payudara dengan lembut, biarkan daya tarik bumi meningkatkan stimulasi pengeluaran ASI.

Teknik memerah ASI dengan tangan metode massage, stroking, dan shaking yang disebut metode Marmet dikembangkan oleh Chele Marmet, seorang Lactation Consultant yang menjadi Direktur Lactation Institute di California.

Gambar bisa dilihat di sini



Mulailah kita berlatih menggunakan Teknik Marmet:

1. Posisikan ibu jari (di atas puting) dan dua jari pertama (di bawah puting) sekitar 2,5 -3,8 dari puting, meski tidak harus di luar tepi areola. Gunakan pengukuran ini sebagai panduan, karena payudara dan areola bervariasi dalam ukuran untuk setiap wanita. Pastikan tangan membentuk huruf "C". Anggap payudara sebagai jam maka posisi/arah ibu jari berada pada jam 12, dua jari lain berada di posisi jam 6 sejalan dengan puting.

*  Catatan jari-jari diposisikan sehingga "gudamg asi" berada di bawahnya.
* Hindari menutupi payudara

2. Tekan langsung ke dinding dada dengan lembut tanpa memindahkan jari jari yang sudah diposisikan sebelumnya.
  • Hindari memisahkan jari jemari
  • Untuk payudara besar, pertama-tama mengangkat dan kemudian dorong/tekan ke dinding dada

3. Buatlah gerakan menggulung (roll)  pada waktu yang sama dengan arah ibu jari dan jari-jari ke depan untuk memerah ASI keluar dari "gudang ASI" yang terdapat di bawah kalang payudara di belakang puting susu. Gerak rolling ini memadatkan dan mengosongkan "gudang asi" tanpa melukai jaringan payudara yang sensitif.Jangan menggesekkan ibu jari dan jari-jari pada kulit karena akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri.

4. Ulangi gerakan-gerakan tersebut (1,2,3) sampai aliran ASI berkurang. Kemudian pindahkan lokasi ibu jari ke arah jam 11 dan jari-jari ke arah jam 5, lakukan kembali gerakan memerah seperti tadi.

5. Lakukan pada kedua payudara secara bergantian. Begitu tampak ASI memancar dari puting susu, itu berarti gerakan tersebut sudah benar dan berhasil menekan "gudang ASI". Jangan lupa untuk meletakkan cangkir bermulut lebar yang sudah disterilkan di bawah payudara yang diperah. 

Seluruh prosedur persiapan dan pemerahan dengan tangan membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit, meliputi:

- Massage, stroke, dan shake.
- Perah kedua payudara selama 5-7 menit tiap payudara.
- Massage, stroke dan shake.
- Perah kedua payudara selama 3-7 menit tiap payudara.
- Massage, stroke dan shake.
- Perah kedua payudara selama 2-3 menit tiap payudara.


Hindari hal-hal berikut:

1. Jangan meremas payudara, karena hal ini dapat menyebabkan memar.
2. Menggeser tangan di atas dada dapat menyebabkan luka bakar kulit yang menyakitkan.
3.. Hindari menarik puting susu yang dapat mengakibatkan kerusakan jaringan.


*Marmet Technique copyright 1978, revised 1979, 1981 and 1988. Used with permission of Chele Marmet and the Lactation Institute, 1616 Ventura Blvd., Suite 223, Encino, California 91436


Gambar bisa dilihar di sini  Medela



Spread The Love, Share Our Article

Related Posts