PETUNJUK PENYIMPANAN ASI

Categories: ,

ASIP yang telah dikeluarkan akan terpisah dalam beberapa lapisan. Hal ini biasa, cukup kocok botol tempat ASIP disimpan.
Para moms perlu memperhatikan hal-hal berikut:
  1. ASIP yang membeku harus dihangatkan dengan cepat, tetapi tidak dalam air mendidih, karena ASIP akan mengental. Jangan dibiarkan teralalu lama dalam suhu kamar.
  2. Mula-mula letakkan botol ASIP ke dalam air dingin, kemudian secara perlahan-lahan beri air hangat sampai ASIP mencair, atau letakkan botol ASIP beku ke dalam kulkas, 12 jam sebelum ASIP diminumkan (hingga ASIP mencair dengan sendirinya).
  3. Setelah itu, hangatkan botol ASIP tersebut dengan merendamnya dalam air hangat 60 C, sebentar saja supaya ASIP mencapai suhu tubuh normal.
  4. Sebelum diminumkan ke bayi, coba dulu dengan meneteskan pada punggung tangan.
Dan ini yang perlu moms hindari:
  1. JANGAN menghangatkan ASIP dengan microwave oven, karena akan memberikan panas yang sangat tinggi. Disamping itu, microwave juga akan menghancurkan nutrisi dan bahan-bahan kekebalan yang terkandung dalam ASIP.
  2. Tidak perlu merebus ASIP apabila akan diberikan kepada bayi
Lamanya ASIP dapat bertahan pada suhu udara tertentu

*ASIP yang baru saja dikeluarkan (fresh) bisa bertahan antara 6-8 jam pada suhu udara 26 C atau kurang. Sedangakan dalam lemari es bisa bertahan antara 3-5 hari pada suhu udara 4 C atau kurang. Apabila moms menyimpan ASIP dalam freezer pada kulkas 1 pintu ASIP akan bertahan dalam waktu 2 minggu. Dan apabila disimpan dalam freezer pada kulkas 2 pintu bisa bertahan sampai 3 bulan.
*ASIP yang sebelumnya sudah dibekukan dan dicairkan di lemari es, bisa bertahan paling lama 4 jam pada suhu udara. Dan dalam lemari es bisa bertahan 24 jam. Moms jangan memasukkan kembali ASIP dalam freezer.
*Untuk ASIP yang telah dicairkan dengan air hangat, pada suhu udara harus diberikan sekaligus pada bayi. Dan dalam lemari es bisa bertahan 4 jam. Dan moms jangan memasukkan kembali dalam freezer.
*Yang sudah diminumkan ke bayi dari botol yang sama, sisanya DIBUANG.
cara menyimpan asi 2
cara menyimpan asi
Sumber dari National Health and Medical Research Council Infant Feeding Guidelines

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts